Kontak Kami

( pcs) Checkout

# Gunakan Kode Voucher GRATISONGKIR untuk mendapatkan potongan ongkos kirim senilai 10.000 rupiah # Tahan tombol CTRL lalu tekan tombol D pada keyboard anda untuk menyimpan alamat website kami dan memudahkan kunjungan kembali
Beranda » Artikel Terbaru » Perbandingan Pembayaran Non Tunai GoPay (Gojek) VS GrabPay (Grab)

Perbandingan Pembayaran Non Tunai GoPay (Gojek) VS GrabPay (Grab)

Diposting pada 5 September 2017 oleh Raiby.com

Menyusul GoJek, perusahaan teknologi Grab turut merilis metode pembayaran non-tunai GrabPay.

Sekilas pandang, layanan GrabPay nyaris tak ada bedanya dengan GoPay milik GoJek. Keduanya sama-sama bertujuan memberi pengalaman kepada pengguna berupa pembayaran cashless dari fitur ‘dompet digital’ tersebut.

Namun, tentu ada beberapa perbedaan cukup mencolok jika dibedah secara rinci.

Yang pertama menjadi sorotan adalah cara pengisian saldo. Kedua operator menggandeng sejumlah bank besar untuk mempermudah penggunanya mengisi saku elektronik mereka.

Bank seperti BNI, BRI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, dan Bank Permata serta jaringan bank seperti ATM Prima dan ATM Bersama digandeng oleh kedua aplikasi.

Khusus pengisian saldo melalui cara online, Grab sedikit unggul karena menggandeng fintech startup Doku Wallet. Doku yang telah diunduh 500 ribu kali jelas memberikan opsi yang lebih beragam.

Pada opsi offline, Grab mengandalkan jaringan gerai Alfmart, Dan+Dan, serta Lawson.

Nah, bedanya dengan GoJek adalah perusahaan memanfaatkan armada pengemudi mereka yang diklaim jumlahnya lebih besar ketimbang operator aplikasi lain.

Pengguna Gojek bisa dengan mudah meminta tolong pengemudi untuk mengisi saldo GoPay mereka secara manual. Dengan batas nominal Rp2 juta, pengguna bisa mengisi saldo mereka sesuka hatinya lewat sang pengemudi dengan biaya Rp2 ribu sebagai uang repot.

Pindah dari kanal pengisian saldo, diskon merupakan bahan perbandingan berikutnya. Dengan status mereka yang punya valuasi di atas US$1 miliar, GoJek dan Grab memberi iming-iming yang lumayan besar untuk menggoda pengguna agar beralih ke pembayaran non-tunai.

GoJek telah lama mematok diskon mulai 25 persen hingga 50 persen pada GoPay bagi setiap perjalanan bagi para pengguna Go-Ride. Sedangkan untuk layanan Go-Car, GoJek memberikan subsidi 40 persen.

Untuk layanan pesan-antar makanan, startup pimpinan Nadiem Makarim ini memberi subsidi tambahan. Pelanggan bisa memperoleh gratis ongkos kirim dengan memakai GoPay. Hanya saja, gratis ongkos itu cuma berlaku di sejumlah penjual makanan yang bekerja sama langsung dengan GoFood.

Di sisi lain, Grab tidak begitu banyak memberi subsidi bagi konsumen mereka yang menggunakan GrabPay.

Namun sebaliknya, Grab menawarkan diskon bagi mitra pengemudinya seperti diskon bahan bakar, makanan, serta periksa kesehatan bagi mereka yang performanya dinilai cemerlang. Cara itu diambil Grab untuk mendorong transaksi non-tunai di kalangan pengemudi yang umumnya lebih suka uang tunai.

“Driver itu cenderung suka tunai karena uangnya langsung ke kantong mereka,” kata Direktur Pelaksana Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Sementara itu, pemain lain yakni Uber hingga saat ini belum menyediakan layanan pembayaran cashless layaknya dompet digital seperti GrabPay dan GoPay ini.

Hanya saja, sejak awal Uber memang sudah lebih dulu pembayaran non-tunai melalui kartu kredit, meski akhirnya berkompromi menyediakan opsi tunai karena melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih suka uang fisik.

Dari 250-an juta populasi Nusantara, baru sekitar satu persen yang menggunakan kartu kredit, 26 persen punya kartu debit, dan baru 36 persen yang sudah membuka rekening bank.

Dalam sudut pandang bisnis, kecilnya perolehan di atas adalah peluang yang sangat luas yang bisa dimonetisasi lebih jauh. Namun Ridzki mengaku tak bertujuan ke arah sana.

“Kami melihatnya bukan monetisasi. Ini layanan untuk pelanggan agar seamless experience,” dalih Ridzki.

Sumber: www.cnnindonesia.com

Bagikan informasi tentang Perbandingan Pembayaran Non Tunai GoPay (Gojek) VS GrabPay (Grab) kepada teman atau kerabat Anda.

Perbandingan Pembayaran Non Tunai GoPay (Gojek) VS GrabPay (Grab) | Raiby.com

Belum ada komentar untuk Perbandingan Pembayaran Non Tunai GoPay (Gojek) VS GrabPay (Grab)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 90.000
Ready Stock / BBM 6MM
Rp 105.000
Ready Stock / PC Fix Clear
Best Seller
STOK HABIS



SIDEBAR